Getting ready to my dream country, South Korea

seoul

My dream is closer to coming true!

My first step to go to Seoul, South Korea has done! Minggu lalu saya sudah berhasil membeli tiket pesawat ke sana dengan rute Makassar – Kuala Lumpur – Incheon – Kuala Lumpur – Makassar dengan menggunakan maskapai Air Asia.

Setelah berburu dan menanti adanya promo yang termurah (menurut saya), akhirnya saya membeli tiket dengan tambahan potongan promo dari situs tiket(dot)com. Meskipun berangkatnya masih cukup lama, di bulan Oktober 2018, but its worth it! Sepuluh bulan akan berlalu tanpa terasa kan? I hope so! Karena saya sudah tidak sabar untuk menginjakkan kaki ku ke negara ginseng itu.

Pasti kalian bertanya berapa harga tiket yang saya bayar kan? Oke, kali ini saya akan memberikan detail dari harga pesawat yang kubeli.

Seperti kalian ketahui, untuk mendapatkan tiket promo kalian harus membeli tiket untuk keberangkatan beberapa bulan ke depan karena harga tiketnya jauh lebih murah dibandingkan dengan tiket yang dibeli hari ini untuk berangkat besok atau minggu depan. Mau murah yah harus sabar dan tidak tergesa-gesa.

Saya berdomisili di Makassar, sehingga untuk bisa ke Korea Selatan mau tidak mau harus transit dulu ke Jakarta atau ke negara lain. Tapi karena saya menggunakan maskapai Air Asia yang memiliki penerbangan langsung dari Makassar ke Kuala Lumpur, saya pun memilih itu. Dan untuk bagasinya tidak include sehingga kita harus membeli bagasi terpisah.

Pertama, untuk rute Makassar – Kuala Lumpur dan Kuala Lumpur – Makassar saya membeli bagasi 25kg untuk berangkat dan 20kg untuk pulang. Kenapa berbeda? Harganya beda guys! Lagipula saya tidak yakin barang yang saya bawa akan lebih dari 20kg. Nah, disini saya ada tips untuk kalian yang akan bepergian dengan teman kalian. Saya membeli bagasi 25kg pada saat berangkat karena saya berbagi dengan teman saya. Sehingga harga bagasi senilai Rp 280.000,- bisa saya bagi 2. Lumayan kan untuk menghemat.

Dan untuk rute Kuala Lumpur – Incheon dan Incheon – Kuala Lumpur saya membeli bagasi masing-masing 25kg. Yang ini saya beli 25kg dikarenakan ingin mencukupkan harga tiket agar bisa mendapat potongan promo yang lebih banyak. Karena saat itu promo dari tiket(dot)com, untuk pembelian tiket kurang dari Rp 4.000.000,- hanya bisa terpotong (diskon) Rp 250.000,- dan kalau lebih bisa terpotong Rp 500.000,-. Sementara jika saya membeli bagasi 20kg dan 25kg hanya selisih Rp 100.000,-. Seperti saat berangkat dari Makassar, disini saya juga berbagi bagasi dengan teman saya.

Untuk lebih memudahkan akan saya buatkan tabelnya :

Makassar – Kuala Lumpur – Makassar Kuala Lumpur – Incheon – Kuala Lumpur
Harga Tiket & Bagasi  Rp                    1.919.300  Rp                         4.011.546
Promo dari tiket(dot)com  Rp                        150.000  Rp                             500.000
Hemat bagasi berdua  Rp                        140.000  Rp                             181.696
Total  Rp                    1.629.300  Rp                         3.329.850
TOTAL BAYAR  Rp                                                                          4.959.150

Cukup murah menurutku, apalagi saya punya waktu seharian untuk jalan-jalan di Kuala Lumpur sebelum berangkat ke Seoul lagi. Berjalan-jalan di 2 negara hanya dengan harga tiket segitu.

Untuk saat ini, sampai sini dulu. Karena memang baru langkah pertama yang clear. Untuk biaya-biaya selanjutnya tentu akan kubagikan lagi disini. Dan nantikan juga cerita perjalananku disana nantinya.

Ps : Rencananya saya hanya backpacker-an bersama 6 teman saya tanpa melalui travel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s